langkah utama membongkar mesin.
mengtopkan mesin
mengetokan mesin adalah langkah utama yang harus kita lakukan saat akan melakuakan pembongkaran pada mesin. sebetulnya pada prinsipnya top mesin itu sama saja. hanya untuk mempermudah dari pabrikan top mesin itu sudah ditandai untuk memudahkan perbaikan dengan tanda top mesin.
mengetokan mesin adalah langkah utama yang harus kita lakukan saat akan melakuakan pembongkaran pada mesin. sebetulnya pada prinsipnya top mesin itu sama saja. hanya untuk mempermudah dari pabrikan top mesin itu sudah ditandai untuk memudahkan perbaikan dengan tanda top mesin.
menurut
logikanya .top mesin itu ditandai
dengan posisi piston di TMA untuk yang lebih dari satu silinder, piston
no 1 di posisi TMA, katup in dan ex menutup. itu saja prinsip cara
kerjanya
.
CARA MENGETOPKAN MESIN
Pada kali ini, saya akan mengulas tentang Ciri Top Mesin dan cara mengetopkan mesin.
sebagaimana kita tahu dalam melakukan perbaikan kadang ada bagian yang
harus kita pahami dulu letak TOP nya. seperti saat akan menyetel klep
atau membuka cylinder head dan lainnya.
Posisi top mesin ditandai dengan
menutupnya kedua katup (in dan ex)pelatuk klep longgar (bebas tidak
menekan) serta posisi piston berada di titik mati atas.
Adapun tanda2 yang biasanya dipakai pada
gigi adalah (panah, angka, coakan, dan ciri warna) perhatikan dan lihat
apa ciri yang dipakai, cari lawan dari tanda TOP nya.
Sebagai contoh untuk yang pake timing
belt tanda top ada di gigi dan body mesin, gigi saling berkait berarti
tanda ada di gigi dan gigi. dan untuk yang pakai rantai keteng ada di
gigi dan rantai.
sesudah anda mengetopkan mesin anda bisa membongkar/menyetel katup (klep)
sesudah anda mengetopkan mesin anda bisa membongkar/menyetel katup (klep)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar